Sabtu, 28 April 2012

JENIS GAYA BELAJAR


JENIS  GAYA  BELAJAR
1.      GAYA BELAJAR AUDITORI (pendengaran)                                                                                                                              Kaitannya dengan proses belajar menghafal, matematika dalam hal mengerjakan soal cerita membaca dan mengerti isi bacaan
Ciri pada anak :
-          Mudah ingat dari apa yang didengarnya, mudah mengingat apa yang didiskusikan
-          Tak bisa belajar dalam suasana berisik atau rebut
-          Senang dibacakan atau mendengarkan
-          Lebih suka menuliskan kembali sesuatu, senang membaca dengan suara keras dan pandai bercerita
-          Bisa mengulangi apa yang didengarnya, baik nada,irama danlainnya
-          Lebih suka humor lisan ketimbang baca buku
-          Senang diskusi, bicara atau menjelaskan panjang lebar
-          Menyenangi seni music
Kendala pada anak
Sering lupa apa yang dijelaskan guru,sering lupa membuat tugas yang diintruksikan guru secara lisan,kerap keliru mengerjakan seperti yang diperintahkan guru, dan kesulitan mengekspresikan apa yang dipikirkan

2.      GAYA BELAJAR VISUAL (penglihatan)
Berkaitan dengan proses belajar, seperti matematika (geometri), serta bahasa Mandarin dan Arab atau yang berkaitan erat dengan symbol dan letak-letak symbol. Perbedaan letak simbol bisa  berpengaruh karena terjadi perbedaan bunyi
Ciri pada anak :
-          Lebih mudah ingat
-          Tidak terganggu oleh suara rebut saat belajar
-          Lebih suka membaca
-          Lebih suka mendemontrasikan sesuatu dari pada menjelaskan
-          Tahu apa yang harus dikatakan tapi tidak bisa mengungkapkannya dengan kata-kata
-          Tertarik pada seni seperti seni lukis, pahat,gambar dari pada seni music
-          Sering lupa jika harus menyampaikan pesan secara verbal kepada orang lain

Kendala pada anak
Utamanya dalam visual motor, seperti terlambat menyalin pelajaran di papan tulis, dan tulisan tangannya berantakan sehingga tak terbaca

Tidak ada komentar:

Posting Komentar